1.Tulislah tujuan pengajaran dalam bentuk penampilan/perbuatan baik tentang apa yang harus diketahui dan apa yang harus dikerjakan oleh siswa.
2.Jabarkan dengan terinci keterampilan yang diajarkan baik urutan maupun penampilannya.
3.Demonstrasikan keterampilan ini sambil memberikan penjelasan secara lisan untuk memberikan penekanan pada bagian-bagian penampilan yang sulit.
4.Berikan kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan keterampilan tersebut segera sesudah demonstrasi sambil memberikan petunjuk. Praktek dapat dilakukan per bagian atau secara keseluruhan dari keterampilan yang baru dipelajari tergantung dari jenis keterampilan yang dipelajari.
5.Berikan penilaian terhadap kegiatan ini dengan cara memuji penampilan siswa yang sudah baik atau memberikan petunjuk untuk perbaikan dan menjelaskan mengapa terjadi kesalahan/kekurangan dalam penampilan siswa. Penilaian diberikan agar siswa mengetahui tingkat kemajuan yang diperoleh dan termotivasi dengan kemampuan yang telah dicapai.
Sumber: Siswanto. 1989. Kurikulum Pendidikan Teknik.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar